Admin

21 Nov 2023

2,689

174

Perkuat Suplai Batubara PLTU PLN EPI Siap Strategi Coal Blending Facility CBF

Press Release No. 059.PR/STH.06.01/PLNEPI0102/X/2023

 

Jakarta, 21 November 2023 - PT PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) telah melakukan kajian pengembangan Coal Blending Facility (CBF) sebagai alternatif solusi mengatasi menurunnya cadangan batubara. Bekerja sama dengan PT Krakatau Bandar Samudera (KBS), PLN EPI akan memperkuat keandalan pasokan energi primer untuk pembangkit di PLN Grup.

Direktur Utama PLN EPI Iwan Agung Firstantara mengungkapkan, seiring meningkatnya krisis energi dunia, pasokan batubara untuk pembangkit semakin terbatas. Dalam hal ini PLN telah melakukan inovasi tata kelola energi primer untuk menjamin keandalan listrik nasional.

Inovasi PLN melalui CBF dirasa tepat karena akan memasok batubara dalam jumlah yang cukup, berkualitas baik dan tepat waktu.

"PLN EPI telah melakukan langkah-langkah strategis, salah satunya dengan penguatan pasokan energi primer untuk pembangkit listrik untuk menjamin keandalan suplai listrik ke pelanggan," kata Iwan

Dirinya melihat streamlining rantai pasok energi yang telah dibangun PLN akan semakin kokoh dengan adanya CBF. Termasuk kolaborasi dengan PT KBS yang akan membantu PLN memperoleh batubara dengan kalori yang sesuai melalui CBF dan menjamin pengiriman batubara tepat waktu.

Cara kerja CBF adalah dengan mencampur batubara berkalori tinggi dan rendah sehingga mencapai kalori yang dibutuhkan Pembangkit.

"Saya optimis dengan bantuan KBS rantai pasok kami akan semakin andal. Hal ini juga menampakkan sinergi kuat antar sesama BUMN untuk bersama-sama menerangi seluruh Indonesia," tambahnya.

Dengan adanya inovasi ini, Iwan optimis pembangkit PLN tidak akan mengalami derating atau penurunan daya mampu. Sehingga, pasokan listrik untuk masyarakat tetap terjamin.

Sekretaris Perusahaan PLN EPI Mamit Setiawan menyampaikan bahwa CBF adalah salah satu strategi PLN EPI merespon keterbatasan pasokan batubara di beberapa pembangkit bertenaga uap (PLTU) di sepanjang tahun 2023. Tujuan utamanya adalah untuk mencegah pembangkit yang dikelola PLN mengkonsumsi batubara di bawah standar boiler.

"CBF memungkinkan PLTU untuk mendapatkan spesifikasi batubara yang optimum sesuai dengan standar kebutuhan boiler. Waktu pengirimannya juga lebih singkat," jelas Mamit.

Mamit mengakui hadirnya CBF telah memberikan rasa aman untuk pembangkit. Karena strategi ini mampu menjamin kualitas dan kuantitas batubara menyesuaikan kebutuhan pembangkit.

Value creation CBF adalah dapat memasok sesuai spesifikasi optimum yang diminta pembangkit. Bahkan biaya pengadaan batubaranya juga terbilang lebih murah," pungkas Mamit.

 

Narahubung

Mamit Setiawan

Sekretaris Perusahaan

PT PLN Energi Primer Indonesia

021-21684025

 

Sekilas Tentang PLN EPI

PT PLN Energi Primer Indonesia merupakan sub holding PLN yang didirikan untuk memastikan ketersediaan pasokan suplai energi primer melalui Konsolidasi Proses Pengadaan & logistik, Pencarian Sumber Energi Primer serta Pengembangan Ekosistem yang resilient dan rantai pasok yang kuat. Memiliki Visi menjadi solusi energi primer terintegrasi No 1 se-Asia Tenggara

Bagikan berita